Literasi membaca merupakan salah satu literasi dasar yang harus dimiliki peserta didik selain Literasi TIK, Literasi IPA, Numerasi, Literasi Finansial, dan Literasi Budaya dan Masyarakat.
Dalam mendukung program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) pengawas madrasah memiliki tanggungjawab untuk membantu guru dan siswa dalam perbaikan proses belajar ataupun mengajar didalam kelas sehingga melalui Program Penilaian Formatif Literasi Dasar yang digagas oleh Inovasi (program kemitraan antara pemerintah Australia dan pemerintah Indonesia) pengawas madrasah dilibatkan untuk mengukur literasi dasar khususnya literasi membaca pada siswa tingkat dasar terutama pada anak-anak didik di Kabupaten Lombok Utara.
Berdiskusi dengan Kamad MI Al-Ishlahul Ittihad mengenai realisasi Program GLS |
Adapun Program Penilaian Formatif Literasi Dasar ini menilai atau menguji 5 (lima) komponen keterampilan membaca Huruf, Suku Kata, Kata, Kelancaran, dan Pemahaman. Sampel yang digunakan adalah 10 siswa sekolah dasar pada kelas rendah (Kelas 1, 2, dan 3).
Format Assesment Literasi Dasar |
Manfaat Penilaian Formatif Literasi Dasar ini, antara lain:
- Untuk guru
- Informasi tentang kemampuan membaca setiap siswanya
- Memberikan perlakuan sehingga siswa bisa mencapai tingkat yang lebih tinggi
- Untuk kepala sekolah
- Informasi tentang kemampuan membaca siswa di sekolah
- Membuat RKAS yang menunjang peningkatan kemampuan membaca
- Menyiapkan media dan buku-buku bacaan untuk mendorong peningkatan kemampuan membaca
- Alat komunikasi dengan orang tua
- Alat pertanggung jawaban kepada Pengawas dan Dinas Pendidikan
- Untuk Pengawas
- Informasi tentang kemampuan membaca di wilayah tugas
- Memberikan dukungan bagi sekolah yang masih lemah
- Alat pertanggungjawaban pengawas kepada Kepala Dinas Pendidikan
- Untuk Dinas Pendidikan
- Informasi tentang kemampuan membaca anak-anak di Lombok Utara
- Memberikan dukungan program dan anggaran yang dibutuhkan
- Alat pertanggungjawaban kepada public
- Untuk publik (orang tua, kepala desa, dan stakeholder lain)
- Informasi tentang kemampuan anak membaca
- Memberikan dukungan yang diperlukan di rumah, di desa, di masyarakat