Catatan Pokjawas KLU
pengawasklu.blogspot.com adalah Blog Resmi Pokjawas Kemenag Kab. Lombok Utara.
pengawasklu.blogspot.com merupakan Wadah Pengawas Berbagi Kebaikan.

Ads by mediahf.blogspot.com

Friday, February 5, 2021

Faiz HF

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dan Penilaian Kinerja Guru (PKG)


Selasa, 2 Februari 2021 bertempat di MAS Al-Baqiyatusholihat NW Santong, Kecamatan Kayangan Kab. Lombok Utara Pengawas Madrasah melakukan Penilaian Kinerja untuk Kepala Madrasah dan Guru atau PKKM dan PKG.


Dalam kegiatan tersebut Pengawas Madrasah yang hadir sebanyak 4 (empat) orang (Muhammad Isnaini, S.Ag.,M.PdI, Ahmad Saini, M.PMat, Wira Subarman, S.Ag, dan Husnul Faizin, S.Pd.I) secara bergantian menjelaskan cara penilaian instrument didalam aplikasi PKKM dan PKG. setiap item atau indicator yang terdapat dalam aplikasi PKKM dan PKG harus betul-betul dicermati oleh Penilai sebelum memberikan penskoran sehingga tidak menimbulkan keberatan dari kepala madrasah ataupun guru yang dinilai.


Lebih lanjut Pengawas Madrasah mengharapkan agar semua indicator dalam instrument PKKM dan PKG tersebut dapat dipenuhi secara maksimal oleh Kepala Madrasah dan Guru sehingga Nilai Kinerja masing-masing mendapatkan Predikat Baik.







Read More

Saturday, January 30, 2021

Faiz HF

Rapat Koordinasi Pengawas Madrasah Tema: PKKM dan PKG

Kamis, 28 Januari 2021







Location: Rumah Kebun Pak Muhammad Isnaini, S.Ag.,M.PdI

Jeruk Manis, Kecamatan Pemenang, KLU.


Read More
Faiz HF

Rapat Koordinasi Pengawas Madrasah bersama Kepala Madrasah Kecamatan Gangga di MI Nurul Hidayah Rempek

Penilain Kinerja Kepala Madrasah dan Guru
Pengawas Bina MI: Muh. Isnaini, S.Ag.,M.PdI sedang memberikan pembinaan.

Rapat koordinasi Pengawas Madrasah Bersama Kepala Madrasah yang tergabung dalam KKMI, KKMTs, dan KKMA Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara bertempat di MI Nurul Hidayah Rempek pada Selasa, 26 Januari 2021 dihadiri oleh Pengawas Bina, Ketua KKM, dan Kepala Madrasah masing-masing KKM.

Dalam kesempatan tersebut Pengawas Madrasah memberikan beberapa informasi dan evaluasi, antara lain:

  • Laporan BOS yang sudah di verifikasi oleh Kepala Kantor, Pendis, dan Pengawas masih memiliki banyak kekurangan dalam hal pelaporan terutama bukti fisik pembelian barang dan jasa. Juga sebagai catatan dalam pelaporan BOS tersebut belum ada muncul kegiatan peningkatan kompetensi baik guru maupun siswa. Sehingga pada dana BOS berikutnya hal tersebut harus diperhatikan dan masuk dalam RKAM BOS Madrasah RA, MI, MTs, MA.
  • Sebelum SIMPATIKA buka pada periode semester genap tahun pelajaran 2020/2021, Penilaian Kinerja Kepala Madrasah dan Guru harus sudah dilakukan melalui aplikasi PKKM dan PKG. sehingga penilaian kinerja Kamad dan Guru dapat di input di SIMPATIKA.
  • Perihal pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tingkat MI, MTs, dan MA Kepala Madrasah diharapkan dapat mempersiapkan perangkat computer dan internet yang memadai. Jika madrasah yang belum mampu mempersiapkan infrastruktur berupa perangkat computer, maka mulai melakukan komunikasi dan kerjasama dengan madrasah terdekat yang siap secara fasilitas agar pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) dapat berjalan lancar.
  • Pembinaan Kepala Madrasah dan Guru Sertifikasi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara di Kecamatan Gangga tingkat RA, MI, MTs, dan MA berdasarkan kesepakatan rapat akan dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Februari 2021 bertempat di Ponpes Ishlahul Ummah NW Paok Rempek, Gangga.




Read More
Faiz HF

Pembinaan Kamad dan Guru Sertifikasi oleh Kakanmenag Lombok Utara di Kecamatan Tanjung Tingkat RA, MI, MTs, MA.

Rabu, 27 Januari 2021






Read More
Faiz HF

Monev Laporan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tingkat RA, MI, MTs, MA di Kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Rabu, 20 Januari 2021




Read More
Faiz HF

Pembinaan ASN Kementerian Agama Kab. Lombok Utara.

 

Selasa, 19 Januari 2021



Read More
Faiz HF

Pembinaan Kamad dan Guru Sertifikasi Oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Lombok Utara di Kec. Bayan (RA, MTs, MA)

Kakanmenag memberikan pembinaan kepada Kamad & Guru Sertifikasi, Lombok Utara.

Pengawas Bina: H. Umaruddin, SH memberikan arahan kepada Kamad & Guru.



Read More

Saturday, January 16, 2021

Faiz HF

Tatap Muka Terbatas Pada Kegiatan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Tatap Muka Terbatas

Monitoring Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di beberapa madrasah yang dilakukan oleh Pengawas Madrasah untuk memastikan bahwa kegiatan pembelajaran tersebut sesuai dengan Protocol Kesehatan (Prokes) dan berjalan sesuai dengan SKB 4 Menteri tentang Pelaksanaan Pembelajaran pada Semester Genap dimasa pandemic Covid-19.


Beberapa hal yang menjadi pembahasan antara lain:

  • Pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar di madrasah tetap merujuk pada SKB 4 Menteri, Kepala madrasah beserta dewan guru jangan mudah terpengaruh oleh berita-berita tidak jelas yang berisi konten Hoaks. Kepala madrasah dan guru harus mengutamakan Literasi yang baik dalam menyaring setiap informasi yang diterima serta tidak mudah terlalu cepat menyimpulkan sehingga berakibat menjadi korban Hoaks.
  • Dalam melaksanakan proses pembelajaran tatap muka terbatas, agar selalu menerapkan insrumen-instrumen protocol kesehatan. Konsisten dalam penerapan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).
  • Madrasah secara bertahap mempersiapkan berbagai kelengkapan dalam pelaksanaan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) atau pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) .
  • Operator Madrasah agar selalu aktif dalam meng-update data madrasah dan data siswa baik di SIMPATIKA maupun di EMIS agar tidak terkendala dalam berbagai kebijakan atau regulasi yang dikeluarkan oleh Dirjen GTK Madrasah Kementerian Agama RI.
  • Kepala Madrasah mengusulkan agar pembinaan khusus guru sertifikasi dilaksanakan minimal per triwulan agar guru-guru penerima manfaat TPG tersebut dapat terpantau dengan efektif oleh pengawas madrasah terutama dalam hal peningkatan kompetensi guru-guru sertifikasi.
  • Kepala madrasah dan guru dapat menjadikan hasil AKG dan AKK sebagai pedoman agar selalu bersemangat untuk tetap belajar serta berusaha meningkatkan (upgrade) kompetensinya masing-masing.

Read More

Tuesday, January 12, 2021

Faiz HF

Piagam Karya Satya Untuk Pengawas Madrasah dari Bapak Presiden Republik Indonesia. | HAB Ke-75 Kementerian Agama RI

 

HAB Ke-75 Kementerian Agama RI


“Kesenangan pada sebuah pekerjaan membuat kesempurnaan pada hasil yang dicapai”


__ Aristoteles.


Upacara Peringatan HAB Ke-75 Kementerian Agama RI di halaman Kantor Kemenag Kabupaten Lombok Utara, Selasa, 5 Januari 2021 dihadiri oleh Bapak Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH . beserta tamu undangan lainnya berjalan secara khidmat dan sesuai Prosedur Kesehatan (Prokes) Covid-19. Jumlah peserta apel pun terbatas hanya 50 (lima puluh) peserta dari unsur ASN Kemenang Kab. Lombok Utara dan Kepala Madrasah se-Kabupaten Lombok Utara dari jenjang RA/MI, MTs, dan MA.



Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian piagam penghargaan dan penyematan Lencana Karya Satya kepada 3 (tiga) orang Pengawas Madrasah Kemenag Kab. Lombok Utara. Piagam Penghargaan berupa Lencana Karya Satya tersebut merupakan pemberian penghargaan dari Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo dan merupakan penghargaan dari Negara kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah mendedikasikan pengabdiannya kepada Negara dan disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai Abdi Negara sesuai UUD 1945 dan Pancasila.


Adapun Pengawas Madrasah yang mendapatkan Penghargaan Karya Satya tersebut adalah:

  1. Lalu Rahmat Marzoan, M.Pd
  2. (Pengawas Madrasah Tingkat MTs/MA)

  3. Husnul Faizin, S.Pd.I
  4. (Pengawas Madrasah Tingkat RA/MI)

  5. Dra. Zar’ah Imtihan
  6. (Pengawas Madrasah Tingkat MTs/MA)


“Beberapa orang memimpikan kesuksesan, sementara yang lain bangun setiap pagi untuk mewujudkannya”.

__ Wayne Huizenga.




Kelompok Kerja Pengawas Madrasah (POKJAWAS) Kemenag Kab. Lombok Utara Mengucapkan:


Dirgahayu

Hari Amal Bakti Ke-75 Kementerian Agama RI

3 Januari 1946 – 3 Januari 2021

INDONESIA RUKUN

Read More

Wednesday, December 9, 2020

Faiz HF

Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Mengukur Literasi Membaca dan Numerasi Peserta Didik.


Pelaksanaan Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tingkat SD/MI di Madrasah Kabupaten Lombok Utara pada hari Selasa, 8 Desember 2020 yang dilaksanakan secara online berjalan dengan baik di Satuan Pendidikan masing-masing. Pelaksanaan simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) secara nasional ini berlangsung dalam suasana penuh keterbatasan dan minus laboratorium/ruang computer sehingga untuk pengadaan perangkat komputernya menggunakan computer milik pribadi para guru dan ada juga yang meminjam dari sekolah terdekat.


Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini dilaksanakan untuk melihat kesiapan peserta didik sebelum jadwal atau pelaksanaan secara resmi pada bulan Agustus 2020 untuk tingkat SD/MI. Simulasi ini juga menggunakan 4-5 peserta didik kelas IV (Empat) sebagai sampel simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu komponen dalam paket Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021 sebagai instrument untuk pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengukur pengetahuan peserta didik pada kemampuan Literasi membaca dan Numerasi (Matematika) sebagai hasil belajar Kognitif. Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat.


Rencana pelaksanaan kegiatan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) secara nasional:

  1. SMP/MTs, SMA, SMK, MA : Maret 2021
  2. SD/MI : Agustus 2021
  3. Alokasi waktu: 75 Menit (Literasi), 75 Menit (Numerasi).

Latar belakang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

  • Hasil PISA (Programme for International Student Assessment) membuktikan kurang memadainya hasil belajar pendidikan dasar dan menengah dalam kurun waktu 3 tahun terakhir (rilis PISA: 2000-2018).
  • Konsisten sebagai salah satu negara dengan peringkat hasil PISA terendah
  • Skor PISA yang stagnan dalam 10-15 tahun terakhir
  • Namun demikian, selisih skor dengan rata- rata skor OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) sudah sedikit meningkat.
Read More